Sabtu, 12 Desember 2009

pembelajaran untuk anak SD

Mekanisme Pernapasan
Bernapas terdiri dari dua fase yaitu fase Inspirasi dan Fase Ekspirasi. inspirasi merupakan fase pemasukan oksigen ke dalam tubuh. sedangkan ekspirasi merupakan proses pengeluaran karbondioksida dari dalam tubuh.

Mekanisme pernapasan manusia ada dua macam yaitu pernapasan dada dan pernapasan perut.
Pernapasan Dada
Fase inspirasi pada pernapasan dada terjadi akibat aktivitas otot-otot antar tulang rusuk. Ketika otot-otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk terangkat menyebabkan rongga dada membesar. Membesarnya rongga dada menyebabkan tekanan udara dalam paru-paru menurun, akibatnya udara dari lingkungan masuk ke dalam paru-paru melewati hidung. Sedangkan fase ekspirasi terjadi ketika otot-otot antar tulang rusuk berelaksasi, tulang rusuk kembali pada posisi semula menyebabkan mengecilnya rongga dada. Tekanan udara dalam paru-paru meningkat kembali mengakibatkan keluarnya udara dari paru-paru ke lingkungan
Pernapasan Perut
Inspirasi pada pernapasan perut terjadi akibat aktivitas otot-otot diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Ketika otot diafragma berkontraksi, diafragma akan mendatar. Mendatarnya diafragma menyebabkan membesarnya rongga dada, sebagai akibatnya tekanan udara dalam paru-paru menurun. Udara dari lingkungan masuk dari lingkungan ke dalam paru-paru melewati hidung. sedangkan fase ekspirasi terjadi ketika otot diafragma berelaksasi, diafragma kembali pada posisi semulanya yaitu melengkung ke atas. Kembalinya diafragma pada posisi semulanya menyebabkan rongga dada mengecil. Tekanan udara dalam paru-paru meningkat kembali mengakibatkan udara dalam paru-paru keluar ke lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar