7 Oktober 2011
1. Eksperimen murni
Pemberian ragi padaukan manusia.
Bisa sama persis karena b
2. Eksperimen kuasi/semu
efektifitas rpp
variabel siswa, kelompok eksperimen dan kontrol keadaan harus sama baik nilai,keadaan kelas,jml siswa. Hailnya tidak akan sama karena karakteristiknya berbeda2
1. penelitian deskriptif
menggambarkan
tentang perpus,bgmn keadaanny,cara meminjam,cara mengembalikan
bisa dengan observasi,lalu disajikan dalam tabel
2. penelitian komparatif
penelitian yg membedakan tp tdk ad variabel kontrol,tdk dsamakan
cth : pemberian model jigsaw
3. korelasional
utk mngetahui hub
hub mknn sehat dg prestasi belajar
dg angket, wawancara.
Cth prtnyaan maknn apa yg dmakan?
4. Survai
Mengumpulkan opini2 utk mndptkan suatu info
Cth survai mhsswa trhadp pelayanan dosen.
Belum valid krn hny opini sseorang
5. Ekspos fakto
Melihat sebab akibat tp beda dg eksperimental.
Cth manfaat asi thd hasil belajar sswa sd kls 6.dilihat dari dulu smpe skrg
Bs wwancr dg ibuny.
6. Tindakan
Memperbaiki.untuk permasalahan sosial.bs d masy,bs d sklh(pts)
Sesuai dg bidangny
Kls (guru) kalo pny kelas, sklh (kepsek)
D kls untuk mmprbaiki pmbelajaran
a. Kualitatif
Pneiti dg objek tdk trpisah.sling berinteraksi.dg wwncara mndalam.tdk hny mnggunakan angket.
b. Kuantitatif
Di beri angket.ssuai angket.
1. Studi etnografik
Hrs berinteraks lngsg dg objek
Cth meneliti suku samin.dbyuhkan wkt yg lama
Menggali sgala info sebanyak mngkin
Bgmn khidupanny,pmbgian hrta,
2. Studi fenomenologis
3. Studi historis
Pnelitian sejarah.meneliti kebenaran sejarah masa lampau.
Cth supersemar
4. Studi kasus
Mneliti 1 kasus.
Hslny hny dsimpulkan pd ksus trsbt.tdk bs d generalisasikan
5. Teori dasar
Mnemukan atau menguapkna teori yg sdh ad.pnelitian dasar
Pnelitian eksperimen brbeda dg ptk
Ptk:tdk ad kta “pengaruh”
TUGAS
KARAKTERISTIK PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF
21 Oktober 2011
1. Koding-koding yang dapat dikuantifikasi? Yang seperti apa?
Koding=data
Di ganti menjadi kuantitatif.misal A=86-100, AB=81-85, dll
2. Teknik penelitian
3. Kualitatif=naturalis, bagaimana maksudnya? Disertai contoh
4. Peran peneliti dalam membuat hasil deskripsi tersebut?
5. Fungsionalisme struktural dalam penelitian kualitatif itu yang seperti apa?
6. Nilai ?
7. Perbedaan transfer... dengan generalisasi?
8. Dasar-dasar mengapa kualitatif
Kualitatif dan kuantitatif sama sama ilmiah, jika menelitinya dengan ilmiah.
28 Oktober 2011
Identifikasi masalah
1. Sumber masalah
¨ Bacaan
Melihat permasalahan di koran,terus menjadi permasalahan untuk mengkaji.
¨ Pertemuan ilmiah
¨ Pemegang otoritas
¨ Intuisi
¨ Pengamatan
¨ Pengalaman
¨ Wawancara n angket
¨ Observasi
¨ Refleksi diri
Kriteria permasalahan yg baik
¨ Permasalahan sesuai dg bid ilmu(keahlian)
¨ Permasalaahn sesuia minat calon peneliti
¨ Permasalahan memiliki kemafaatan yg luas(arikunto 1999)
¨ Pendapat dari yg lain intinya sama
2. Topik, contoh pembelajaaran ips di sd
3. Identifikasi masalah
a. Keaktifan siswa kurang
b. Minat belajar rendah
c. Hasil belajar siswa kurang
4. Pembatasan masalah, pilih salah satu
a. Motivasi belajar ips rendah
5. Merumuskan masalah (harus tau akan menggunakan penelitia apa)
Perumusan masalah dalam penelitian formal
- Rumusan singkat n bermakna
- Rumusan dlm bentuk kalimat tanya
- Masalah dirumuskan secara operasional
- Rumsan masalah mampu memberi petunjuk tentang memungkinkannya pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan
Contoh
Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa antara yang diajarkan dengan metode inkuiri n problem solving pada mata pel ipa sd kls VI? (eksperimen)
Apakah ada hub antara motivasi bel dg hasil belajar (korelasional)
6. Tujuan penelitian (harus konsisten dg rumusan)
7. Variabel n hipotesis dl penelitian formal
a. Variabel/ubahan : gejala yg diteliti
b. Simbol yg digunakan utk mentransfer gejala kedalam data penelitian
Jenis-jenis variabel
1. Variabel bebas
Variabel perlakuan
Contoh
- Metode mengajar-prestasi belajar
- Metode mengajar sebagai variabel bebas
- Prestasi belajar=v terikat
- V penyela/intervening v=proses belajar yg trjd pada diri subjek,motivasi belajar
- V moderator=jns kelamin
- V kendali=usia
- Extranoeus v=trmasuk v bebas yg tdk dikontrol
8. Hipotesis
Hipotesis??
- Penjelasan/dugaan yg bersifat sementara kejadian atau peristiwa yg sudah atau akan terjadi
- Hub yg diduga logis antara
Rumusan hipotesis
Kriteria:
- Berupa pernyataan yg mengarah pd tuj penelitia dg maksud dpt diuji sec empiris
- Berupa pernyataan yg dikembangkan brdasarka teori yg lebih kuat drpd rivalny
Rumusan hipotesis
- HO
Tdk ada perbedaan prestasi belajar siswa sd kls V antara yg diajar dg menggunakan metode ceramah n diskusi.
Tdk ada hubungan antara motivasi bel dg prestai bel siswa
- HA
ada perbedaan prestasi belajar siswa sd kls V antara yg diajar dg menggunakan metode ceramah n diskusi.
ada hubungan antara motivasi bel dg prestai bel siswa
ptk
1. Sumber masalah
Observasi
2. Topik
Pembelajaran ipa di sd kelas IV sub bab pencemaran lingkungan
3. Identifikasi masalah
- Keaktifan siswa kurang
- Minat belajar kurang
- Hasil belajar kurang
4. Pembatasan masalah
- Minat belajar siswa kurang
5. Merumuskan masalah
Apakah ada hubungan antara penggunaan metode pengamatan dengan meningkatnya minat belajar siswa
6. Tujuan penelitian
Untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode pengamatan dengan meningkatnya minat belajar siswa
7. Variabel
Variabel bebas = metode pembelajaran, media pembelajaran, lingkungan
Variabel terikat = minat belajar
Variabel extranoeus = lingkungan
8. Hipotesis
HO = tidak ada hubungan antara penggunaan metode pengamatan dengan meningkatnya minat belajar siswa
HA = ada hubungan antara penggunaan metode pengamatan dengan meningkatnya minat belajar siswa
Tugas membuat yg sudah dipelajari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar