Senin, 12 Desember 2011

peta konsep seni, pendidikan seni di sd, contoh seni lukis, karakter gambar anak dan perkembangan bakat anak


Nama      : Yuli Purwati
NIM       : 1401409188
Rombel  : 06

MID SEMESTER PENDIDIKAN SENI RUPA

Soal :
1.      Buatlah peta konsep tentang konsep seni menurut para ahli dan konsep seni secara khusus! Hubungkan masing-masing pendapat para seniman yang berkaitan dengan konsep khusus!
2.      Buatlah dengan peta konsep pendidikan seni di SD, berikan implementasi dan contohnya!
3.      Aliran seni lukis di Indonesia memiliki karakter. Berikan contoh karya seni rupa dan karyanya dalam peta konsep!
4.      Buatlah peta konsep tentang karakter gambar anak SD. Berikan klasifikasi dan contohnya!
5.      Bagaimana pandangan seorang guru terhadap karakter tersebut di atas dan periodesasi yang berkaitan dengan perkembangan dengan bakat anak dan pengembangannya!















Jawab :

1.      KONSEP SENI RUPA
KI HAJAR DEWANTARA
MUNRO
PLATO
ARISTOTELES
VERON
INDAH
MENGGETARKAN
ALAM
PROSESNYA
EKSPRESI
                                            SENI                   MODEL



                       
                                          EKSPRESI

                                         MENGGETARKAN



                                           HARU
 


                                         SENANG              INDAH




2.      FUNGSI SENI
EKSPRESI
KOMUNIKASI
PENGEMBANGAN BAKAT PIKIR
BERMAIN
TERPADU
MENGUNGKAPKAN PERASAAN
BERBICARA/
MEMBERIKAN PESAN
PENGEMBANGAN INDIVIDU
BERMAIN
BERSAMA BIDANG STUDI LAIN
MELUKIS
GAMBAR POSTER

MENGANYAM
KUDA LUMPING (ATRIBUT ALAM)
IPA BERSAMA MATEMATIKA


3.      ALIRAN DALAM SENI  RUPA
ROMANTISISME
REALISME
NATURALISME
-       PERASAAN
-       GERAK DRAMATIS
-       PEWARNAAN INDAH
-       ANATOMI TIDAK JELAS
-          NYATA/REALITA
-          PEWARNAAN BEBAS

-          ALAM
-          PROPORSI, PERSPEKTIF DAN WARNA
TOKOH:
-          EUGENE DELACROIX DELAROCHE
-          VERNET
-          RADEN SALEH
-          THEODORE GERICAULT
TOKOH:
-          GUSTAVE COURBET
-          JEAN FRANCOIS MILLET
-          HONORE DAUMIER
-          GEORGE HENDRIK BREITNER
TOKOH:
-          MANET

IMPRESSIONISME
POST IMPRESSIONISME
POINTIRISME
-          KESAN PEWARNAAN, CAHAYA, BAYANG-BAYANG
-          BENTUK BEBAS
-          KESAN SESAAT
-          PERENUNGAN YANG MENDALAM (SINAR DAN WARNA)
-          TIDAK KESAN SESAAT
-          CAHAYA
-          PEWARNAAN LANGSUNG BERUPA TITIK-TITIK
TOKOH:
-          MONET
-          RENOIR
-          DEGAS
-          PAUL CEZANNE
TOKOH:
-          PAUL GEZZANE
-          VINCENT VAN GOGH
TOKOH:
-          WILLIAM MARIS
-          PAUL CEZANNE


EXPRESIONISME
FAUVISME
KUBISME
-          SPONTANITAS
-          GREGET
-          KONSENTRASI TINGGI
-          KOMPOSISI
-          BEBAS DALAM WARNA, GARIS DAN KOMPOSISI
-          SPONTANITAS
-          GAGASAN/ IDE BEBAS

-          KUBUS, KOTAK
-          ILMU UKUR
-          BEBAS WARNA
-          BEBAS KOMPOSISI
TOKOH:
-            CEZANNE
-            GAUGUIN
-            VINCENT VAN GOGH
TOKOH:
-          HENRI RUSSEAU
-          HENRY MATISSE
TOKOH:
-          PABLO PICASSO
-          BRAQUE
-          FAURIE

SUREALISME
DADISME
FUTURISME
-          BEBAS
-          DINAMIS
-          TIDAK TERIKAT LOGIKA
-          SUASANA MENAKUTKAN
-          OBJEK MELELEH
-          KEKANAK–KANAKAN
-          PEMBAWAAN
-          LIAR/ TIDAK PANTAS
-          BERBAU TEKNIK KEBISINGAN DAN KERIBUTAN
-          KECEPATAN
-          GAMBAR GERAK SEPERTI PABRIK, MESIN, PERANG
TOKOH:
-          SALVADOREDALI
-          PAUL KLEE
-          MARCHAGALL
TOKOH:
-          PAUL KLEE
-          KURTSWITTERS
TOKOH:
-          CARLO CARRA
-          UMBERTO BACHIONI
-          BUIDO SEVERINI
-          FT MARINETTI

PRIMITIVISME
ABSTRAK
-          SEDERHANA/ BIASA
-          KESAN MISTIK/ ANGKER/ MENAKUTKAN
-          OBJEK TIDAK NYATA
-          PERKEMBANGAN ALIRAN KUBISME
TOKOH:
-          PAUL GAUGIN
-          HENRI ROUSSEAU
TOKOH:
-          PIET MONDRIAN
-          J. POLLOCK


4.      KARAKTERISTIK HASIL SENI RUPA
ORGANIK
LYRICAL
IMPRES
-          OBYEK NYATA
-          OBYEK BERKELOMPOK
-          PROPORSI
-          OBYEK ALAM
-          UNSURNYA BERGERAK
-          WARNA MENCOLOK
-          REALISTIS
-          STATIS
-          WARNA TIDAK MENCOLOK
-          WAKTU
-          SUASANA

RHYITMICAL PATTERN
STRUCTURAL FORM
SCNEMATIC
-          OBYEK NYATA
-          PENGULANGAN
-          MENGIKUTI POLA UMUM
-          OBYEK MENGIKUTI RUMUS ILMU BANGUN
-          OBYEKNYA DIPERKECIL
-          RUMUS ILMU BANGUN
-          OBYEK BERUPA SIMBOLIS

HAPTIK
EKSPRESIONISM
ENUMERATIVE
-          OBYEK BUKAN DARI PENGAMATAN VISUAL
-          OBYEK MEWAKILI IMAGE HASIL RABAAN
-          GAMBAR PENGAMATAN VISUAL
-          OBJEK DUNIA LUAR
-          POTRET DARI SUATU OBJEK
-          TIDAK ADA UNSUR PRIBADI

DEKORATIVE
ROMANTIC
LITERARY( KHAYALAN)
-        BENTUK DUA DIMENSI
-        PERPADUAN WARNA
-        WARNA CERAH
-        MELAMBANGKAN PERASAAN
-        TIDAK ADA PERSPEKTIF
-          TEMA KEHIDUPAN
-          GABUNGAN INGATAN DARI IMAGE
-          TEMA KHAYALAN
-          BERASAL DARI INGATAN DARI IMAGINASI


5.      Pandangan seorang guru terhadap karakter tersebut di atas dan periodesasi yang berkaitan dengan perkembangan dengan bakat anak dan pengembangannya adalah sebagai seorang guru kita harus selalu membimbing dan mengarahkan anak bakat serta minat yang ada dalam diri siswa. Dengan hal tersebut bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan berkembang yang dapat berguna dalam masa depan anak. Misalnya dengan mengadakan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar