Selasa, 29 Mei 2012

laporan observasi PBSI


LAPORAN OBSERVASI
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA KELAS IV SD 02 GARUNG KIDUL KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Landasan Teori
Agar dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya, setiap kali mengajar guru perlu menyusun perencanaan pembelajaran. Secara garis besar, perencanaan pembelajaran dapat dibedakan dua macam, yaitu perencanaan pembelajaran jangka panjang yang berupa program tahunan dan catur wulan, dan pembelajaran jangka pendek yang berupa persiapan mengajar.
Persiapan mengajar harian mengandung komponen-komponen sebagai berikut:
a.       Butir Pembelajaran
Butir pembelajran adalah pokok-pokok bahan pelajaran yang dimuat dalam GBPP. Bagi mata pelajaran bahasa Indonesia, butir-butir pembelajaran ini merupakan pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Dalam setiap kali menyusun persiapan mengajar, guru mengambil butir-butir pembelajaran ini sebagai pokok bahasan/sub pokok bahasan yang diajarkannya.
b.      Tema
Tema tertentu digunakan untuk mengembangkan dan meluaskan perbendaharaan kata, serta pemersatu berbahasa. Dengan menggunakan tema ini, pembelajaran bahasa berlangsung dalam suasana yang wajar, tidak disajikan dalam kalimat-kalimat yang lepas dari konteks.
Tema bisa dipilih yang sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. Pemilihan tema bebas, karena dalam pembelajaran bahasa Indonesia kita tidak mengajarkan tema tetapi keterampilan berbahasa Indonesia. Tema itu sekedar wahana untuk mengajarkan keterampilan berbahasa.
c.       Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dibedakan menjadi tujuan pembelajaran umum dan Tujuan pembelajaran khusus. Tujuan pembelajaran umum dapat diambil dari GBPP, yaitu yang di dalam GBPP disebut tujuan kelas. Tujuan pembeljaran khusus harus dirumuskan sendiri oleh guru.
d.      Materi Pembelajaran
Materi pembelajaran dikembangkan dari butir-butir pembelajaran. Pengembangan materi ini dikerjakan dengan kegiatan penjabaran dan penyesuaian atau analisis materi pembelajaran (AMP). Pengembangannya selalu mengacu/berpedoman pada tujuan pembelajaran umum dan tujuan pembelajaran khusus, kondisi siswa (pengetahuan awal yang relevan, tingkatan perkembangan siswa, lingkungan sosial budaya siswa), keluasan, serta kedalaman materi. Pengembangan pelajaran materi ini perlu senantiasa diupayakan sesuai dengan pendekatan komunikatif dan pendekatan.
e.       Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar berkaitan dengan metode dan teknik, media dan strategi pembelajaran. Dalam menyusun kegiatan belajar mengajar ini harus senantiasa diupayakan agar siswa bisa terlibat secara aktif dalam proses mencapai tujuan pembelajaran ( ketrampilan proses).

bagi yang menginginkan file lengkapnya,coment disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar