Selasa, 29 Mei 2012

LAPORAN OBSERVASI BIMBINGAN DAN KONSELING


LAPORAN OBSERVASI BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD N 1 KARANGWUNI, PRINGSURAT, TEMANGGUNG
BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal mengemban tugas dan tanggung jawab untuk menghantarkan anak didik menuju ke jenjang kedewasaan secara utuh. Dalam perjalanannya menuju ke jenjang kedewasaan secara utuh, pasti ditemukan banyak permasalahan yang menghambat. Disinilah peran bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang ditemui oleh anak didik.
Setiap murid khususnya di Sekolah Dasar memiliki perbedaan antara satu dan lainnya, disamping persamaannya. Perbedaan menyangkut: kapasitas intelektual, keterampilan, motivasi, persepsi, sikap, kemampuan, minat, latar belakang kehidupan dalam keluarga, dan lain-lain. Terkadang perbedaan-perbedaan tersebut sering menimbulkan suatu masalah. Masalah yang menimpa seseorang bila dibiarkan berkembang dan tidak segera dipecahkan dapat mengganggu kehidupan, baik dirinya sendiri maupun oranglain. Sikap dan perilaku anak-anak yang menyimpang karena adanya suatu masalah dapat juga mengganggu tugas-tugas perkembangan anak pada fase berikutnya yaitu fase masa puber dan sebagai akibatnya, anak akan mengalami gangguan dalam menjalani kehidupan.
Masalah-masalah tersebut tidak selalu dapat diselesaikan dalam situasi belajar mengajar di kelas, melainkan memerlukan pelayanan secara khusus oleh guru di luar situasi proses pembelajaran. Peran dan fungsi serta tanggung jawab guru di Sekolah Dasar, selain mengajar juga perlu memperhatikan keragaman karakteristik perilaku murid sebagai dasar penentuan jenis bantuan dan layanan dalam bimbingan belajar, baik secara individual maupun kelompok.

  1. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD N 1 Karangwuni ?
2.      Permasalahan apa yang muncul pada kegiatan pembelajaran di SD N 1 Karangwuni ?
3.      Bagaimana penanganan yang dilakukan dalam menangani permasalahan kegiatan pembelajaran di SD N 1 Karangwuni ?
  1. Tujuan
Melalui pengamatan yang kami lakukan, diharapkan mahasiswa dapat mengetahui tentang
1.      Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD N 1 Karangwuni.
2.      Permasalahan yang muncul pada kegiatan pembelajaran di SD N 1 Karangwuni.
3.      Penanganan permasalahan kegiatan pembelajaran di SD N 1 Karangwuni
  1. Manfaat
Melalui pengamatan ini, diharapkan akan memberikan manfaat bagi berbagai pihak:
1.      Mahasiswa, menambah pengalaman dan pengetahuan tentang Bimbingan dan Konseling sehingga setelah menjadi guru dapat menerapkan ilmu yang didapat secara maksimal.
2.      Sekolah, dapat memaksimalkan kembali segala hal yang berhubungan dengan kelancaran proses kegiatan belajar mangajar dan membantu siswa dalam berbagai aspek
  1. Sasaran Observasi
Siswa kelas V SD N 1 Karangwuni
  1. Tempat dan Waktu
Tempat            : SD N 1 Karangwuni, Pringsurat, Temanggung
Waktu             : 19 Mei 2011
  1. Metode Pengumpulan Data
Wawancara dan observasi


bagi yang menginginkan file lengkapnya,coment disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar