Jumat, 27 Mei 2011

peta konsep seni rupa

Nama : Yuli Purwati

NIM : 1401409188

Rombel : 06

MID SEMESTER PENDIDIKAN SENI RUPA

Soal :

1. Buatlah peta konsep tentang konsep seni menurut para ahli dan konsep seni secara khusus! Hubungkan masing-masing pendapat para seniman yang berkaitan dengan konsep khusus!

2. Buatlah dengan peta konsep pendidikan seni di SD, berikan implementasi dan contohnya!

3. Aliran seni lukis di Indonesia memiliki karakter. Berikan contoh karya seni rupa dan karyanya dalam peta konsep!

4. Buatlah peta konsep tentang karakter gambar anak SD. Berikan klasifikasi dan contohnya!

5. Bagaimana pandangan seorang guru terhadap karakter tersebut di atas dan periodesasi yang berkaitan dengan perkembangan dengan bakat anak dan pengembangannya!

Jawab :

1. KONSEP SENI RUPA

KI HAJAR DEWANTARA

MUNRO

PLATO

ARISTOTELES

VERON

INDAH

MENGGETARKAN

ALAM

PROSESNYA

EKSPRESI

SENI MODEL


EKSPRESI

MENGGETARKAN


HARU


SENANG INDAH

2. FUNGSI SENI

EKSPRESI

KOMUNIKASI

PENGEMBANGAN BAKAT PIKIR

BERMAIN

TERPADU

MENGUNGKAPKAN PERASAAN

BERBICARA/

MEMBERIKAN PESAN

PENGEMBANGAN INDIVIDU

BERMAIN

BERSAMA BIDANG STUDI LAIN

MELUKIS

GAMBAR POSTER

MENGANYAM

KUDA LUMPING (ATRIBUT ALAM)

IPA BERSAMA MATEMATIKA

3. ALIRAN DALAM SENI RUPA

ROMANTISISME

REALISME

NATURALISME

- PERASAAN

- GERAK DRAMATIS

- PEWARNAAN INDAH

- ANATOMI TIDAK JELAS

- NYATA/REALITA

- PEWARNAAN BEBAS

- ALAM

- PROPORSI, PERSPEKTIF DAN WARNA

TOKOH:

- EUGENE DELACROIX DELAROCHE

- VERNET

- RADEN SALEH

- THEODORE GERICAULT

TOKOH:

- GUSTAVE COURBET

- JEAN FRANCOIS MILLET

- HONORE DAUMIER

- GEORGE HENDRIK BREITNER

TOKOH:

- MANET

IMPRESSIONISME

POST IMPRESSIONISME

POINTIRISME

- KESAN PEWARNAAN, CAHAYA, BAYANG-BAYANG

- BENTUK BEBAS

- KESAN SESAAT

- PERENUNGAN YANG MENDALAM (SINAR DAN WARNA)

- TIDAK KESAN SESAAT

- CAHAYA

- PEWARNAAN LANGSUNG BERUPA TITIK-TITIK

TOKOH:

- MONET

- RENOIR

- DEGAS

- PAUL CEZANNE

TOKOH:

- PAUL GEZZANE

- VINCENT VAN GOGH

TOKOH:

- WILLIAM MARIS

- PAUL CEZANNE

EXPRESIONISME

FAUVISME

KUBISME

- SPONTANITAS

- GREGET

- KONSENTRASI TINGGI

- KOMPOSISI

- BEBAS DALAM WARNA, GARIS DAN KOMPOSISI

- SPONTANITAS

- GAGASAN/ IDE BEBAS

- KUBUS, KOTAK

- ILMU UKUR

- BEBAS WARNA

- BEBAS KOMPOSISI

TOKOH:

- CEZANNE

- GAUGUIN

- VINCENT VAN GOGH

TOKOH:

- HENRI RUSSEAU

- HENRY MATISSE

TOKOH:

- PABLO PICASSO

- BRAQUE

- FAURIE

SUREALISME

DADISME

FUTURISME

- BEBAS

- DINAMIS

- TIDAK TERIKAT LOGIKA

- SUASANA MENAKUTKAN

- OBJEK MELELEH

- KEKANAK–KANAKAN

- PEMBAWAAN

- LIAR/ TIDAK PANTAS

- BERBAU TEKNIK KEBISINGAN DAN KERIBUTAN

- KECEPATAN

- GAMBAR GERAK SEPERTI PABRIK, MESIN, PERANG

TOKOH:

- SALVADOREDALI

- PAUL KLEE

- MARCHAGALL

TOKOH:

- PAUL KLEE

- KURTSWITTERS

TOKOH:

- CARLO CARRA

- UMBERTO BACHIONI

- BUIDO SEVERINI

- FT MARINETTI

PRIMITIVISME

ABSTRAK

- SEDERHANA/ BIASA

- KESAN MISTIK/ ANGKER/ MENAKUTKAN

- OBJEK TIDAK NYATA

- PERKEMBANGAN ALIRAN KUBISME

TOKOH:

- PAUL GAUGIN

- HENRI ROUSSEAU

TOKOH:

- PIET MONDRIAN

- J. POLLOCK

4. KARAKTERISTIK HASIL SENI RUPA

ORGANIK

LYRICAL

IMPRES

- OBYEK NYATA

- OBYEK BERKELOMPOK

- PROPORSI

- OBYEK ALAM

- UNSURNYA BERGERAK

- WARNA MENCOLOK

- REALISTIS

- STATIS

- WARNA TIDAK MENCOLOK

- WAKTU

- SUASANA

RHYITMICAL PATTERN

STRUCTURAL FORM

SCNEMATIC

- OBYEK NYATA

- PENGULANGAN

- MENGIKUTI POLA UMUM

- OBYEK MENGIKUTI RUMUS ILMU BANGUN

- OBYEKNYA DIPERKECIL

- RUMUS ILMU BANGUN

- OBYEK BERUPA SIMBOLIS

HAPTIK

EKSPRESIONISM

ENUMERATIVE

- OBYEK BUKAN DARI PENGAMATAN VISUAL

- OBYEK MEWAKILI IMAGE HASIL RABAAN

- GAMBAR PENGAMATAN VISUAL

- OBJEK DUNIA LUAR

- POTRET DARI SUATU OBJEK

- TIDAK ADA UNSUR PRIBADI

DEKORATIVE

ROMANTIC

LITERARY( KHAYALAN)

- BENTUK DUA DIMENSI

- PERPADUAN WARNA

- WARNA CERAH

- MELAMBANGKAN PERASAAN

- TIDAK ADA PERSPEKTIF

- TEMA KEHIDUPAN

- GABUNGAN INGATAN DARI IMAGE

- TEMA KHAYALAN

- BERASAL DARI INGATAN DARI IMAGINASI

5. Pandangan seorang guru terhadap karakter tersebut di atas dan periodesasi yang berkaitan dengan perkembangan dengan bakat anak dan pengembangannya adalah sebagai seorang guru kita harus selalu membimbing dan mengarahkan anak bakat serta minat yang ada dalam diri siswa. Dengan hal tersebut bakat yang dimiliki dapat tersalurkan dan berkembang yang dapat berguna dalam masa depan anak. Misalnya dengan mengadakan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar